Banyak Lowongan Kerja, Ini Tips Membuat CV Menarik dari Konsultan SDM

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga bersama dengan DayaLima baru saja menyelenggarakan seminar dengan topik membuat CV yang baik untuk merespon lowongan kerja.

Dalam acara yang digelar Jumat, 24 Februari 2023 tersebut, pembicara dari DayaLima, sebuah perusahaan konsultan sumber daya manusia memaparkan materi berjudul ‘How To Impress Recruiter’.

CV yang baik memang sangat penting untuk para pelamar kerja, sehingga membuatnya pun tidak boleh asal – asalan.

Agar recruiter tertarik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Menurut Early Antarest, HR Counsultant Daya Lima ada beberapa tips agar CV menjadi terlihat lebih menarik Dimata recruiter, diantaranya adalah: 1.Menuliskan nama sesuai dengan yang tertulis pada kartu identitas (KTP).

Sebab nantinya recruiter akan melakukan pengecekan berkas administratif, jadi pastikan Anda tidak menulis nama panggilan di CV Anda ya, 2.

Menuliskan hal menarik dari diri Anda, serta berbagai pengalaman Anda seperti pengalaman magang, pengalaman organisasi, dan lainnya.

3.

Jangan minder dengan CV Anda.

Anda harus percaya diri dengan apa yang Anda tuliskan dalam CV Anda.

4.

Jujur dan tidak melebih – lebihkan tulisan Anda di CV, sebab nantinya Anda sendiri yang akan kebingungan bila ketahuan berbohong oleh recruiter.

Early juga menambahkan di dalam CV sebaiknya Anda juga mencantumkan foto yang tidak terlalu formal namun tetap rapi.

Untuk bagian pengalaman sebaiknya juga ditulis dari tahun terbaru, baru setelahnya ditulis ke tahun yang terlama.

CV yang baik menurut Early adalah CV yang mudah untuk dibaca dan tidak membingungkan recruiter, sehingga sebaiknya Anda menggunakan CV ATS agar CV Anda mudah terbaca oleh sistem.

Bila Anda kesulitan membuat CV Anda bisa dengan CV maker seperti dengan aplikasi Word, Canva, Make Free CV, Klob dan Zety.

MELINDA KUSUMA NINGRUM Pilihan Editor: Politeknik Tempo Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Dosen Tetap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *