Keunggulan Asuransi Syariah Dibandingkan Jenis Asuransi Lainnya

Keunggulan Asuransi Syariah Dibandingkan Jenis Asuransi Lainnya

Beragam jenis asuransi tersedia di Indonesia, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kredit, bahkan asuransi syariah. Adapun salah satu produk asuransi syariah ialah asuransi jiwa syariah. Asuransi jiwa syariah memberikan perlindungan jiwa, investasi optimal pada kesehatan agar terhindar dari resiko. Salah satu keunggulan asuransi jiwa syariah ialah mengedepankan prinsip sesuai syariat Islam sehingga peserta terhindar dari unsur riba. Selanjutnya mari kita cari tau lebih banyak keunggulan asuransi syariah dibandingkan asuransi lainnya.

  1. 1. Prinsip Tolong Menolong

Salah satu ciri khas asuransi syariah ialah prinsipnya tolong menolong. Artinya baik perusahaan dan pihak yang memiliki asuransi sama-sama memahami bahwa kedua belah pihak harus mendanai dengan pola yang saling menguntungkan satu sama lainnya. Jadi dalam prinsip tolong-menolong, Anda dapat membantu para nasabah lainnya menutup resiko agar lebih ringan dan mempererat tali persaudaraan.

  1. Pengelolaan Dana Transparan 

Dalam konsep asuransi syariah di Indonesia maka wajib hukumnya mengelola dana secara transparan. Pengelolaan dana transparan wajib dirinci baik dalam hal penggunaan dana maupun penginvestasian dana. Hal ini tentu saja menjalankan prinsip syariat Islam salah satunya jujur dan amanah. Sehingga semua pemilik polis dapat dengan tenang menginvestasikan dananya tanpa dilanda rasa kekhawatiran.

  1. Pengelolaan Dana Sesuai Agama Islam

Salah satu keunggulan memilih asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional ialah pengelolaan dananya sesuai syariat agama Islam. Di mana setiap transaksi atau pengelolaan dananya harus sesuai syariat syariat agama Islam yaitu tidak boleh riba, judi, maupun menghindari ketidakpastian. Dana yang akan disalurkan khusus terhadap perusahaan yang menganut prinsip islami juga, dan tidak mungkin menginvestasikannya ke perusahaan yang menjual alkohol atau tidak menganut prinsip islami.

  1. Diawasi Dewan Syariah

Karena asuransi syariah menganut prinsip agama Islam tentunya asuransi ini diawasi oleh Dewan Syariah. Fungsi dewan syariah iyalah mengawasi segala jenis transaksi harus sesuai dengan prinsip syar’i dan tidak melenceng melanggar prinsip-prinsip keislaman. Dewan Syariah juga memastikan pihak asuransi syariah hanya menginvestasikan dana para nasabah ke perusahaan yang halal menganut prinsip agama Islam.

  1. Tidak Ada “Dana Hangus”

Keuntungan selanjutnya memilih asuransi syariah di Indonesia ialah tidak ada dana hangus. Dalam asuransi konvensional premi yang dibayarkan telat akan hangus, namun jika dalam asuransi syariah maka uang anda berupa titipan dan akan tetap jika belum diklaim. Ini karena asuransi syariah menganut prinsip risk sharing. Dimana segala resiko pada pertanggungan asuransi akan ditanggung bersama baik oleh pihak pemilik polis maupun perusahaan asuransi tersebut.

Nah beberapa penjabaran diatas merupakan keunggulan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan asuransi syariah dibandingkan asuransi jenis lainnya. Namun tidak perlu khawatir karena produk asuransi syariah tidak hanya terbatas bagi nasabah yang beragama muslim saja, melainkan masyarakat non muslim juga dapat menjadi peserta asuransi syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *