Potret Wanita 106 Tahun dari Filipina yang jadi Model Tertua Sampul Majalah Vogue

Apo Maria “Whang-Od” Oggay, seorang wanita seniman tato dari Filipina yang berusia 106 tahun, menjadi pembicaraan dunia setelah menjadi model sampul majalah Vogue di negaranya untuk edisi khusus kecantikan, April 2023.

Wanita dengan penampilan unik ini menjadi model tertua untuk sampul majalah Vogue sepanjang sejarahnya.

Whang-Od diumumkan sebagai bintang sampul pemecah rekor pada Kamis, 30 Maret, dengan postingan Instagram yang berbunyi: “Apo Maria ‘Whang-Od’ Oggay melambangkan kekuatan dan keindahan semangat Filipina.” Penjaga Pantai Filipina, AS, dan Jepang Latihan Bersama di Laut Cina Selatan Seniman tato itu dijelaskan lebih lanjut sebagai artis mambabatok (tato tradisional) terakhir dari generasinya.

Berasal dari desa pegunungan kecil Buscalan di Filipina, dia menjadi terkenal karena menguasai teknik tato “batok” berusia 1.000 tahun, yang menggunakan metode penyadapan tradisional menggunakan jelaga arang dan tongkat tajam.

Dia mulai mempelajari metode tradisional dari ayahnya pada usia 16 tahun, menurut majalah tersebut.

“Dia telah menanamkan simbol-simbol suku Kalinga—yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan keindahan—pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan.

‘Ketika pengunjung datang dari jauh,’ kata Whang-Od dalam bahasa Butbut, ‘Saya akan memberi mereka tatak Buscalan, tatak Kalinga selama mata saya dapat melihat.’” Potret cantik itu menampilkan Whang-Od berpose dengan tangan di bawah dagunya ala patung The Thinker karya Rodin yang diambil oleh fotografer Artu Nepomuceno.

Dia terlihat mengenakan tank top hitam yang mengekspos tato di lengan dan dadanya.

Dia juga mengenakan kalung dan anting etnik yang cantik.

Kuwait Bekukan Visa Pekerja Migran Buntut Pelanggaran oleh Kedutaan Besar Filipina Vogue Filipina lebih lanjut merinci karya bintang sampul di posting lain.

“Dengan menato orang di luar komunitasnya, Apo Whang-Od memicu minat baru pada praktik kuno tato tongkat dan duri, yang sudah mulai memudar.

Sekarang, mambabatok yang berusia 106 tahun memimpin generasi baru seniman tato yang ingin meneruskan tradisi tersebut.” Whang-Od telah mewariskan ilmunya kepada cucu perempuannya, Elyang Wigan dan Grace Palicas, yang telah dia latih dalam seni tato selama beberapa tahun.

Whang-Od adalah wajah edisi Kecantikan Vogue Filipina, yang juga menonjolkan pandangan wanita, menurut majalah tersebut.

Menurut CNN, orang tertua yang pernah menghiasi sampul Vogue sebelum Whang-Od adalah aktris pemenang Academy Award, Judi Dench.

Bintang Belfast itu tampil di depan Vogue Inggris pada Mei 2020 pada usia 85 tahun.

PUREWOW | NBC Pilihan Editor: Heidi Klum Tampil Tanpa Makeup untuk Cover Majalah Vogue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *