Produksi SF-05 Kilang Pertamina Balikpapan Meningkat 23 Persen

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mencatat produksi Smooth Fluid (SF)-05 pada 2022 mencapai 140 ribu barel atau mengalami peningkatan sebesar 23 persen dari produksi tahun sebelumnya, yakni 113,5 ribu barel.

“Produk SF-05 merupakan salah satu produk unggulan kilang Balikpapan.

Smooth Fluid merupakan cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran dengan basis hidrokarbon, sebagai komponen dari lumpur pengeboran.

Sementara angka 5 menunjuk pada unit kilang yang memproduksinya,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, 10 Maret 2023.

Jenis BBM Terbaru yang Akan Diluncurkan Pertamina Juni 2023, Kualitas Terbaik? Peningkatan produksi itu, lanjut Ely Chandra, juga menjadi tanda bahwa produk SF-05 ini memiliki pangsa pasar yang juga meningkat.

“Peningkatan produksi ini merupakan salah satu indikator bahwa produk ini semakin diterima oleh konsumen sebagai produk yang berkualitas.

Produk ini terutama dipakai oleh Pertamina Group yang bergerak di sektor hulu,” ujarnya.

SF-05 sendiri memiliki karakteristik khusus, antara lain non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi, mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Nonton MotoGP Mandalika 2023 Secara Gratis, Begini Caranya “Produk SF-05 merupakan salah satu juga bukti kompetensi kilang dalam mendukung proses operasi di sektor hulu migas.

Apalagi kita tahu bahwa proses pengeboran merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko tinggi sehingga memerlukan material yang juga berkualitas tinggi,” ujar Ely Chandra.

Adapun SF-05 diproduksi di Kilang Balikpapan sejak 2007.

Produk itu juga memiliki keunggulan lain, di antaranya ramah lingkungan karena memiliki kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran, harga kompetitif, dan jaminan suplai yang baik.

Sebagai produk lokal, pemakaian produk tersebut juga akan semakin meningkatkan tingkat pemakaian produk dalam negeri.

“Selain terbukti andal dalam mendukung proses pengeboran, pemakaian produk SF-05 sebagai produk lokal tentunya dapat meningkatkan pemakaian produk dalam negeri terutama dalam industri migas,” kata Ely Chandra.

Pilihan Editor: Harga Minyak Berubah di Awal Sesi Asia, Khawatir Kenaikan Suku Bunga Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *